Blog Seputar Informasi Kesehatan Terkini

Jumat, 12 April 2013

7 Tips Mengatasi Sakit Kepala Dengan Cepat

7 Cara Mengatasi dan Mengobati Sakit Kepala - Kebanyakan orang sering mengalami sakit kepala dari waktu ke waktu, apakah sakit kepala sebelah, belakang ataupun menyeluruh. Pengobatan penyakit ini bervariasi tergantung pada jenis sakit kepala yang Anda alami, tapi di sini ada beberapa cara cepat dan baik, serta solusi jangka panjang untuk menghilangkan rasa sakit kepala sebelum tak terkendali.

1. Mengatasi sakit kepala dengan minum pereda nyeri sakit kepala. 

Kebanyakan obat penghilang rasa sakit tidak akan bekerja sebelum 30 menit, jadi mengambil dosis sesegera mungkin setelah Anda mulai merasa sakit kepala datang adalah kebijakan yang tepat. Bahkan jika Anda sudah terlanjur mengalami sakit kepala yang sangat dalam, dosis cepat ibuprofen, asetaminofen, naproxen, atau aspirin dapat menjadi pilihan utama.
cara mengatasi sakit kepala
Sakit Kepala
Jangan minum aspirin jika Anda berusia di bawah 19 tahun, dan tidak memberikan aspirin pada anak anda. Ambil pereda rasa sakit alternative yang lain untuk menghindari Reye sindrom, meskipun jarang terjadi tapi sindrom itu mematikan dan merupakan konsekuensi meminum aspirin.

2. Mengatasi sakit kepala dengan Minum banyak air. 

Dehidrasi dapat menyebabkan penyakit kepala, terutama jika Anda sudah baru muntah atau Anda pusing. Minum segelas penuh air segera setelah kepala Anda mulai sakit, dan mencoba untuk terus minum teguk kecil sepanjang hari. Anda secara bertahap akan merasakan sakit mulai mereda. Hindari minum apa pun yang dapat menyebabkan dehidrasi, seperti kopi, alkohol, dan minuman yang sarat dengan gula.
cara mengatasi sakit kepala 2
Minumlah Banyak Air

3. Mengatasi sakit kepala dengan mencari tempat yang tenang, gelap untuk istirahat. 

- Jika Anda bisa, cobalah untuk berbaring dan rileks selama minimal 30 menit. Tutup tirai, mematikan lampu, dan fokus pada pernapasan Anda.

- Meminta keluarga atau teman anda agar tenang. Jika anda terpaksa harus beristirahat sekitar orang lain, jelaskan bahwa Anda memiliki sakit kepala dan meminta mereka untuk tenang dan meninggalkan Anda. Jika Anda ingin tidur atau tidur siang, jangan terlalu lama.

- Mengatur suhu kamar. Beberapa orang hanya dapat bersantai di ruangan yang sejuk, sementara yang lain lebih memilih selimut besar atau ruang pemanas. Cobalah untuk meniru kondisi apa pun yang terbaik bagi Anda ketika Anda pergi tidur di malam hari.

- Hindari memulai ketegangan sakit kepala lebih dini. Pastikan tempat tidur atau sofa Anda nyaman dan kepala Anda didukung dalam posisi yang tidak menyebabkan ketegangan leher Anda.

4. Mengatasi sakit kepala dengan menggunakan kompres dingin. 

Menempatkan sesuatu yang lembut dan dingin di atas dahi Anda dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, yang bisa mengurangi rasa sakit dari sakit kepala. Ini bekerja sangat baik jika masalah terkonsentrasi di pelipis atau sinus.

- Basahi kain lap dengan air dingin, dan taruh di atas dahi Anda. Rendam lagi dengan air dingin jika sudah terasa tidak dingin.

5. Mengatasi sakit kepala dengan dengan memijat kulit kepala, leher dan lobus telinga. 

Melakukan beberapa pijatan ringan dapat mengalihkan perhatian Anda dari rasa sakit kepala, serta meningkatkan sirkulasi dan meredakan ketegangan. Untuk pijat dasar, lembut tekan jari Anda di atas pelipis, dan memindahkan mereka dalam lingkaran lambat.

6. Mengatasi sakit kepala dengan menikmati seks (Khusus bagi yang sudah menikah).

cara mengatasi sakit kepala 3
Relaksasi
Tidak hanya dapat mengurangi stress dan tekanan darah, seks juga merangsang pelepasan hormon oksitosin, yang pada gilirannya meningkatkan pelepasan endorfin, penghilang rasa sakit alami tubuh.

7. Mengatasi sakit kepala dengan berlatih teknik relaksasi. 

Orang-orang di seluruh dunia menggunakan berbagai trik untuk mengalihkan diri dari rasa sakit. Jika Anda berada di tengah-tengah sakit kepala, jangan khawatir tentang belajar sesuatu yang baru, apa pun yang paling dekat dengan zona kenyamanan Anda. Beberapa teknik relaksasi yang menjadi pilihan adalah meditasi, berdoa, pernapasan dalam dan mendengarkan suara -suara alam (air terjun, hujan dll).




Salah satu penyebab sakit kepala adalah stress, penulis menyarankan anda membaca 11 hal yang sering menjadi penyebab stress. Jangan lupa untuk mendapatkan artikel - artikel kesehatan terkini di Web Sehat 

Quotes Today :
“The only way to keep your health is to eat what you don’t want, drink what you don’t like, and do what you’d rather not.”  ~Mark Twain

7 Tips Mengatasi Sakit Kepala Dengan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yan Mahdi

48 komentar:

  1. Sama sama bro... smoga bermanfaat..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. sama - sama... smoga bermanfaat...
    terima kasih kunjungannya...

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. terimakasih tipsnya semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  6. oke terima kasih gan,,,sakit ane g tahan banget nih

    BalasHapus
  7. makasih gan infonya ... ? semoga anda bisa menjadi ornag sukses

    BalasHapus
  8. trims sudah berbagi ilmu, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  9. cocok ne tipsnya buat Que, coz Que sring skit kepala..
    thank..

    BalasHapus
  10. Saya sering berkunjung di blog-blog, postingan tentang & tips mengatasi sakit kepala dengan cepat... ini sangat menarik serta enak dibaca. Saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus
  11. terimakasih banyak atas infonya gan.malam.

    BalasHapus
  12. terimakasih banyak informasinya gan ,,

    BalasHapus
  13. Makasih Tipsnya . Mamapir Ya ke Pondokibu.com

    BalasHapus
  14. makasi, saya lagi sakit kepala, mungkin kurang minum kayaknya.

    BalasHapus
  15. terima kasih atas infonya...sangat bermanfaat bagi sy untk menambah informasi

    BalasHapus
  16. Mantappppppppppppppppppppppppppppppp

    BalasHapus
  17. Terima kasih kunjungannya smoga bermanfaat..

    BalasHapus
  18. Tipsnya membantu sekali, Trims :)

    BalasHapus
  19. saya coba tips nya, semoga membantu saya

    BalasHapus
  20. Kalau Saya, cukup dengan tidur agak lama, bangun tidur biasanya kepala langsung ringan.

    BalasHapus
  21. Kenapa saya sering sakit kepala di bagian belakang sampai ke pilingan.trims

    BalasHapus
  22. Info tips atasi sakit kepala yang menarik, Saya sangat mengapresiasinya. Banyak sekali cara hidup sehat yg bisa kita terapkan, salah satunya dengan mengkonsumsi Obat herbal alami

    BalasHapus
  23. YAng paling penting lagi hidup jangan dibuat susah, santai aja menghadapi dunia ini.

    BalasHapus
  24. hindari juga masalah yang terlalu berat biar sakit kepala ngga makin parah

    BalasHapus
  25. Kl sy lgi skit kepala sich obatnya tdr om..... hehhee

    Mkasih tipsnya...

    BalasHapus
  26. info yang menarik gan,sukses selalu

    BalasHapus
  27. >> Terima Kasih Admin Semoga Sukses <<

    BalasHapus
  28. makasih gan, infonya manfaat bgt, cz aku kalo abis begadang online, emang harus banyak minum air putih,..... yang jelas minum air putih banyak banget manfaatnya,....murah n sehat salam

    BalasHapus