Blog Seputar Informasi Kesehatan Terkini

Sabtu, 19 Januari 2013

13 Cara Berhenti Merokok Yang Efektif


Kebanyakan orang sudah tahu bahwa merokok memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan dan menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker paru-paru dan serangan jantung. Jika kita tahu bahwa merokok berbahaya, mengapa kita tidak bisa berhenti melakukannya? Karena nikotin adalah salah satu tipe adiktif yang sangat kuat sehingga menyebabkan ketergantungan. Selain itu harga rokok yang relatif terjangkau menyebabkan seseorang sangat sulit untuk berhenti. Ketika orang mencoba untuk berhenti, mereka sering mengalami gejala-gejala yang disebabkan nikotin seperti kecemasan, mudah tersinggung, sakit kepala, depresi, dan kegelisahan. Tapi perokok bisa, dan jangan hentikan begitu mereka menemukan alasan yang tepat untuk berhenti merokok. Dibawah ini 13 tips berhenti merokok yang efektif :
  1. Know Why You Want to Exit

    Jadi Anda ingin berhenti merokok, tetapi apakah Anda tahu mengapa? Alasan seperti "Karena itu buruk bagi kesehatan Anda" tidak cukup baik. Untuk mendapatkan motivasi, Anda butuh suatu alasan pribadi yang kuat untuk berhenti. Mungkin Anda ingin melindungi keluarga Anda dari asap rokok karena selain berbahaya untuk diri sendiri, merokok dapat mengakibatkan orang - orang di sekitar anda terkena penyakit - penyakit berbahaya seperti kanker paru - paru dan jantung. Selain itu mungkin Anda merasa ketakutan diputusin pacar atau di ceraikan istri gara-gara tidak bisa berhenti merokok? ( Make sense.. Pilih istri apa rokok??? :D ). Pilih alasan yang cukup kuat untuk mengimbangi dorongan untuk menyala.

    Cara Berhenti Merokok
    Berhenti Merokok
  2. Jangan Berhenti Merokok Saat Itu Juga

    Cara berhenti merokok 3
    pelan - pelan saja
    Anda mungkin tergoda untuk melemparkan rokok Anda dan menyatakan kalau Anda telah berhenti merokok, simple dan sederhana. Tapi pada kenyataannya tidak mudah untuk dilakukan. Tidak ada cara cepat berhenti merokok. Sembilan puluh lima persen orang yang mencoba untuk berhenti merokok tanpa terapi atau pengobatan akan kembali untuk merokok. Alasannya adalah nikotin adalah senyawa yang menyebabkan ketergantungan. Otak kita menjadi terbiasa dengan nikotin dan akan selalu "haus" akan hal itu. Pada saat tidak merokok, gejala ketergantungan akan nikotin muncul.


  3. Lakukan Nikotin - Replacement Therapy

    cara berhenti merokok 4
    Ganti Nikotinnya
    Ketika Anda berhenti merokok, gejala ketergantungan nikotin dapat membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah, atau menjadi pemarah. Keinginan untuk "merokok satu batang saja" akan sering muncul pada diri anda. Terapi penggantian nikotin ini dapat membantu mengurangi dorongan nafsu untuk merokok. Studi menunjukkan permen karet nikotin, "lozenges", dan "patches" dapat membantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti merokok dapat berhasil bila digunakan dengan program yang intensif. Tetapi menggunakan produk ini sambil merokok umumnya tidak dianjurkan.
  4. Minta Resep Pada Dokter Anda

    cara berhenti merokok 5
    Minta resep sama dokter
    Untuk memudahkan penarikan nikotin tanpa menggunakan produk yang mengandung nikotin, tanyakan resepnya kepada dokter Anda. Ada pil yang membantu mengurangi rasa lapar dengan mempengaruhi zat kimia dalam otak. Mereka juga dapat membuat merokok kurang memuaskan jika Anda mengambil sebatang rokok. Obat lain dapat membantu mengurangi gejala ketergantungan yang mengganggu, seperti depresi atau ketidakmampuan untuk berkonsentrasi.



  5. Jangan Rahasiakan Kalau Kamu Berhenti Merokok

    cara berhenti merokok
    Sebarkan beritanya
    Beritahu teman, keluarga, dan rekan kerja bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti. Dorongan mereka bisa membuat perbedaan. Anda juga mungkin ingin bergabung dengan kelompok anti rokok atau berbicara dengan seorang psikolog. Behaviour Therapy adalah jenis konseling yang membantu Anda mengidentifikasi strategi untuk berhenti merokok. Kombinasikan Behaviour Therapy dengan produk pengganti nikotin dan / atau obat-obatan dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses.
  6. Jauhkan Diri Anda Dari Stress

    cara berhenti merokok 7
    Jauhi Stress
    Salah satu alasan orang merokok adalah bahwa nikotin dapat membantu mereka rileks. Setelah Anda berhenti, Anda akan perlu cara lain untuk mengatasi stres. Mencoba mendapatkan pijat biasa, mendengarkan musik santai, atau belajar yoga atau tai chi. Jika mungkin, hindari situasi stres selama beberapa minggu pertama setelah Anda berhenti merokok.

  7. Jauhkan Diri Anda Dari Alkohol

    cara berhenti merokok
    Jauhi alcohol
    Kegiatan tertentu dapat meningkatkan keinginan Anda untuk merokok. Alkohol merupakan salah satu pemicu paling umum, jadi cobalah untuk mengurangi minuman keras ketika Anda pertama berhenti. Jika kopi adalah pemicu, beralih ke teh selama beberapa minggu. Dan jika Anda biasanya merokok setelah makan, menemukan sesuatu yang lain untuk melakukan sebaliknya, seperti menyikat gigi atau mengunyah permen karet.
  8. Bersihkan Rumah Anda

    cara berhenti merokok
    Bersihkan rumahmu
    Setelah Anda merokok rokok terakhir Anda, bersihkan semua asbak dan korek api. Mencuci pakaian apapun yang berbau seperti asap dan membersihkan karpet Anda, gorden, dan kain pelapis. Gunakan penyegar udara untuk membantu membersihkan rumah Anda dari aroma rokok yang familiar. Anda tidak ingin melihat atau mencium sesuatu yang mengingatkan Anda tentang merokok.

  9. Coba dan Coba Lagi

    cara berhenti merokok 10
    Jangan menyerah
    Sangat umum jika Anda kambuh ingin merokok kembali. Banyak perokok mencoba beberapa kali sebelum menyerah dari rokok untuk selamanya. Periksa emosi dan keadaan yang menyebabkan Anda kambuh untuk merokok lagi. Kemudian menggunakannya sebagai kesempatan untuk menegaskan kembali komitmen Anda untuk berhenti merokok. Setelah Anda membuat keputusan untuk mencoba lagi, menetapkan "tanggal berhenti" dalam bulan depan.


  10. Sibukkan Diri Anda dengan Aktivitas Fisik

    cara berhenti merokok 11
    Sibukkan diri
    Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi ketagihan nikotin dan meringankan beberapa gejala ketergantungan. Bila Anda ingin merokok, memakai sepak bola atau sepatu jogging sebagai gantinya. Bahkan olahraga ringan sangat membantu, seperti berjalan - jalan di taman atau mencabut rumput liar di kebun. Kalori ekstra yang Anda bakar juga akan menangkal kenaikan berat badan saat Anda berhenti merokok.




  11. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

    cara berhenti merokok 12
    Makan buah dan sayur

    Jangan mencoba untuk diet sambil berhenti merokok - kekurangan terlalu banyak nutrisi pasti akan menjadi bumerang. Sebaliknya, fokuslah pada makanan buah buahan, sayuran, dan produk rendah lemak. Sebuah studi di Duke University menunjukkan makanan ini membuat rokok terasa mengerikan. Ini memberi Anda peralatan perang saat mengidam rokok selain itu tubuh Anda juga menjadi sehat.

     
     
  12. Beri Hadiah Pada Diri Anda

    cara berhenti merokok 13
    Keuntungan berhenti merokok
    Selain manfaat kesehatan yang luar biasa, salah satu keuntungan dari berhenti merokok adalah semua uang yang Anda akan hemat. Hadiahi diri Anda dengan menghabiskan sebagian dari uang itu ( ingat! sebagian.. :D ) pada sesuatu yang menyenangkan.
  13. Lakukan Untuk Kesehatan Anda

    Ada lebih dari keuntungan materi semata yang didapat. Berhenti merokok memiliki manfaat kesehatan langsung. Ini menurunkan tekanan darah Anda dan mengurangi detak jantung Anda hanya dalam 20 menit setelah merokok. Dalam sehari, karbon monoksida dalam darah Anda kembali normal. Dalam waktu dua minggu sampai tiga bulan, resiko Anda dari serangan jantung menurun dan paru-paru Anda mulai berfungsi lebih baik. Manfaat jangka panjang termasuk penurunan risiko penyakit jantung koroner, stroke, kanker paru-paru, dan kanker lainnya.
    cara berhenti merokok 14
    Sehat itu mahal
Penulis berdo'a semoga Anda dapat segera berhenti merokok mengingat banyak sekali dampak merokok bagi kesehatan baik bagi diri kita, masyarakat dan lingkungan.

Reference : Webmd

 

13 Cara Berhenti Merokok Yang Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yan Mahdi

26 komentar:

  1. Terima Kasih Atas infonya .. artikel yang sangat bagus ..

    BalasHapus
  2. Sama - sama... semoga artikelnya membantu...
    Terima kasih kunjungannya...

    BalasHapus
  3. sangat bermanfaat sekali gan,, thanks berat

    BalasHapus
  4. salam kenal admin
    semua perokok tahu terlalu sulit jika disuruh berhenti merokok begitu saja,
    -sekalipun yg melarang mereka adalah orang2 yg mereka sayang
    -mau di ancam atau di takut2i sakit kaya apapun ga akan mempan
    -Sungguh mereka semua ingin berhenti,tapi tak ingin kehilangan sensasi merokok itu sendiri

    solusi nya cuma 1,tetap merokok tapi dengan cara yg asyik dan sehat,ga pake lama 7-14 hari saja anda sudah pasti berhenti,itu berdasarkan testimonial pelanggan saya,silahkan cek rokok sisha elektrik saya di http://www.tokoden.com
    -tak akan ada yg marah terkena asap rokok anda
    -merokok di dekat anak kesayangan dan istri kesayangan sekarang aman,malah mereka akan senang karena uap rokok yg anda hembuskan harum.
    -No tembakau,No Tar, No Asap (hanya uap air seperti embun) No api
    -Bahkan jika anda menginginkan yg betul2 sehat juga tersedia yg NO NIKOTIN
    buktikan segera,ga usah pake tunggu lagi,mau tetap merokok?mau berhenti merokok?pake cara yg sehat,buang rokok lama anda kunjungi segera http://www.tokoden.com

    BalasHapus
  5. terima kasih.. smoga artikelnya bermanfaat...

    BalasHapus
  6. Sebenarnya tidak sulit jika sungguh-sungguh berniat.

    BalasHapus
  7. akhir oktober 2013 adalah tahun kedua saya berhenti merokok. saya mulai tidak merokok 1 November 2011.. selamat atas saya, berhenti saya total. sejak 1 Nov 2011 tak sebatang pun rokok mapir di bibir saya. 2 bulan pertama adalah perjuangan, mulut asem,gelisah maunya makan melulu, untuk yg satu ini saya biarkan, saya makan sampai lebih 5 kali sehari, sehingga berat badan naik dg cepat. sekarang lidah saya bisa menentukan rasa lebih baik, makan terkontrol, makan jeruk dan minum air putih, kemampuan Jogging saya lebih jauh, berat badan yg membengkak kembali normal. dan saya tidak mati kalo gak ngerokok. bayangin dari rata2 merokok 2 bungkus per hari kamis sampai jumat dan 3-4 bungkus perhari sabtu minggu. saya stop begitu aja. ternyata bisa, saya ga menemui dokter,ga makan obat apapun, cuma NIAT yg sudah kuat...jikaanda merokok didepan saya, saya gak than lagi dgn baunya.

    BalasHapus
  8. susah banget buat orng mau berhenti merokok,,bingung,gimana caranya

    BalasHapus
  9. Lengkap sekali gan panduannya. bermanfaat menambah refrensi. thks

    BalasHapus
  10. thanks untuk tipsnya....I will try
    .

    BalasHapus
  11. saya perokok aktif, dulunya apalagi dulu saya sering mabuk mabukan gan, tapi sejak berhenti mabuk 7 tahun yang lalu, saya memang belum bisa berhenti merokok, walau gak seberat sebelumya tapi keinginan berhenti tetap ada tapi sulit sekali,

    membaca artikel diatas, ada terbetik keinginan mau mencoba walau sulit banget

    BalasHapus
  12. lengkap benar gan infonya, patut di coba bagi perokok aktif gan.

    BalasHapus
  13. Sudah 3x saya mencoba untuk berhenti merokok,tapi selalu gagal.akhirnya teman saya menyarankan untuk ke klinik tong fang,dengan 3x pengobatan saya sudah tidak merokok lg,tetapi saya malah nyabu setiap hari

    BalasHapus
  14. Infonya bagus2 nih, adminnya tulus hanya untuk memberi

    BalasHapus
  15. selain itu memilih makanan juga dapat membuat anda lebih mudah untuk berhenti merokok, misalnya makanan seperti sayur dan buah yang akan membuat rokok tidak nikmat.

    BalasHapus
  16. bagi pecandu rokok, memang tidak mudah untuk berhenti merokok, terimakasih banyak infonya.

    BalasHapus
  17. mudah-mudahan berlasil....
    amin..!!!!

    BalasHapus
  18. Sebuah artikel yg memotivasi untuk kembali hidup sehat.... ^_^

    BalasHapus
  19. berhenti merokok sangat diperlukan untuk kesehatan

    BalasHapus
  20. wadoh,, sulit juga yaaa....

    BalasHapus