Blog Seputar Informasi Kesehatan Terkini

Selasa, 22 Januari 2013

7 Cara Ampuh Untuk Mengatasi dan Mengelola Kemarahan


Kemarahan mempengaruhi orang dengan cara yang berbeda. Ada orang yang memiliki kesabaran dan marah dengan mudah dan ada yang lebih sabar dan bisa mengelola kemarahan mereka dengan lebih baik. Sayangnya kemarahan tidak bisa dihindari dalam kehidupan dan penting untuk mengetahui cara yang aman dan efisien untuk mengelola kemarahan Anda.

 Konflik dapat membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Cara terbaik untuk menyelesaikan sengketa atau perselisihan dengan orang lain adalah melalui diskusi.

Jika Anda merasa marah lebih baik melakukan sesuatu yang lain, misalnya lari pagi atau memukul bantal. Lebih memilih untuk berteriak terhadap pohon atau mobil daripada terhadap orang lain. Anda juga dapat berbicara dengan seseorang yang Anda percaya.

Hal ini penting untuk mempertahankan dan belajar untuk mengekspresikan dan mengelola kemarahan Anda dengan aman. Jika tidak, dapat membahayakan orang lain atau diri Anda sendiri.

7 Cara untuk mengelola kemarahan Anda :

1. Cobalah untuk memahami mengapa Anda marah

cara mengatasi kemarahan
Marah
Adalah penting untuk memahami bahwa Anda telah mencapai titik di mana Anda akan marah. Jika situasi tertentu atau seseorang yang menyebabkan Anda marah, bicara masalah dengan seseorang yang Anda percaya. Seorang teman yang setia, spesialis, dokter atau psikolog dapat berbicara dengan Anda dan membantu Anda.

2. Cobalah untuk beristirahat dan bersantai

cara mengatasi kemarahan
Jalan di pantai
Istirahat dapat menempatkan hal-hal dalam perspektif yang tepat. Santai dapat dicapai dengan berjalan atau duduk di lingkungan yang tenang. Mendengarkan musik, membaca buku, menonton film, mandi, berenang, yoga adalah kegiatan yang dapat membantu Anda rileks.

Terlalu sering orang lupa untuk meluangkan waktu untuk bersantai. Hal ini penting setiap hari untuk menghemat waktu untuk relaksasi. Pilihlah aktivitas yang Anda nikmati untuk lakukan pada waktu itu.

3. Kekerasan ada solusi untuk marah

Kadang-kadang terjadi seseorang membuat Anda marah kemudian Anda membuat serangan verbal pada dirinya.

Kekerasan juga bisa menjadi cara untuk mengeksternalisasi frustasi Anda ketika Anda tidak tahu mengapa Anda marah. Ini berbahaya karena dapat menyebabkan tindakan yang memiliki konsekuensi. (lihat: Macam-macam penyebab stress)

Untuk siap mencegah ekspresi kekerasan ketika Anda marah, tulislah daftar kondisi, orang atau hal-hal yang menyebabkan Anda marah. Setelah merekam semua hal yang dapat membuat Anda marah mempertimbangkan cara-cara untuk menghindari mereka. Pertimbangkan juga tentang bagaimana cara untuk mencegah diri Anda dari bertindak kekerasan.

Ada orang yang bisa membantu Anda menemukan cara untuk mengatasi perasaan yang membuat Anda tidak ingin menyerang seseorang secara fisik.

4. Anda harus menyadari bahwa setiap orang dalam hidup mereka memiliki perbedaan pendapat atau perselisihan

Alasan ketidaksetujuan Anda dengan orang lain banyak. Misalnya akan sulit untuk memahami pikiran orang lain tentang topik yang diberikan. Dalam kasus tersebut, cobalah untuk membuat kemudian berbicara tentang bagaimana mereka melihat sesuatu.

Juga nilai-nilai, kebutuhan dan tujuan cenderung kontras dengan orang-orang lain.

Hal ini sudah biasa terjadi serta dapat menyebabkan kesalahpahaman dan perselisihan antara orang-orang yang muncul karena mereka tidak mengerti apa yang orang lain coba lakukan atau katakan.

5. Memecahkan konflik dan kesalahpahaman

Kesalahpahaman dan konflik yang tidak diselesaikan dapat menciptakan kebingungan dan rasa tantangan.

Selain itu situasi ini dapat menyebabkan stres, ketegangan, insomnia, penyakit, hubungan berkualitas buruk, agresi atau kekerasan dan perpecahan keluarga. (lihat : cara ampuh mengatasi stress)

6. Alamatkan konflik pada tingkat pribadi

Jika ada konflik dengan orang lain sangat mudah untuk menjaga kemarahan dan ketegangan antara keduanya. Hal ini sangat penting untuk memecahkan sengketa terutama jika mereka adalah orang-orang yang sering melihat satu sama lain, hal ini dapat menciptakan situasi yang sangat tidak menyenangkan.

Dalam kasus seperti ini berbicara dengan orang yang sedang berselisih dengan Anda dapat memperbaiki hubungan namun juga dapat memperburuk hubungan anda. Jika Anda mencoba untuk mendekati orang ini, pastikan bahwa Anda melakukannya dengan cara yang benar.

Jika Anda takut bahwa orang ini menjadi marah, cobalah untuk tidak mendekati mereka secara langsung. Awalnya mencoba untuk berbicara dengan mereka di telepon untuk melihat apakah mereka bersedia untuk menemukan solusi untuk masalah antara Anda dan mereka.

Anda dapat memberitahu kepada orang bagaimana perasaan Anda, tetapi jangan mencoba mengatakan kepadanya, bagaimana dia / dia harus merasa. Hal ini dimungkinkan dalam situasi seperti itu baik untuk setuju atau tidak setuju dengan dia.

Dalam beberapa kasus akan berguna untuk memiliki orang ketiga membantu Anda menyelesaikan konflik. Orang ketiga bisa berfungsi sebagai jembatan antara Anda dan orang lain dan membantu masing-masing pihak memahami pandangan orang lain.

7. Ada keuntungan yang signifikan setelah menyelesaikan sengketa

cara emngatasi kemarahan
Hidup Damai Itu Indah
Anda memiliki banyak alasan mengapa Anda harus mencoba untuk menegosiasikan dan menyelesaikan sengketa atau konflik dengan seseorang.

Awalnya Anda akan mendapatkan perasaan bahwa Anda telah mencapai sesuatu yang penting dan akan membuat Anda merasa lebih positif. Anda akan merasa lebih nyaman, lebih santai, dan lebih sehat dan Anda akan memiliki tidur yang baik di malam hari.

Selain itu akan membantu Anda untuk membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih umumnya akan membuat Anda merasa senang.

Dalam kesimpulan penting bahwa Anda belajar untuk mengekspresikan kemarahan Anda dan saraf Anda dengan cara yang aman. Kegiatan yang membantu Anda rileks dapat menjadi cara yang baik untuk mengelola kemarahan Anda lebih baik. Menyelesaikan perbedaan dengan orang lain akan membuat Anda merasa lebih positif dan bahagia.

7 Cara Ampuh Untuk Mengatasi dan Mengelola Kemarahan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yan Mahdi

1 komentar: