Blog Seputar Informasi Kesehatan Terkini

Selasa, 22 Januari 2013

8 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Kerja

8 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Kerja - Anda duduk di kantor sambil searching di web dan mencari sebuah artikel (seperti ini) tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan konsentrasi Anda di tempat kerja. Pada saat yang sama Anda memiliki 12 pesan baru di kotak masuk, telepon berdering untuk kedatangan paket yang Anda pesan minggu lalu dari ebay, seorang rekan datang dan mengajukan pertanyaan dan beberapa sms tiba pada ponsel Anda.

Apa yang Anda lakukan? Anda membaca mail, mengatur penerimaan paket, balas kolega Anda dan membaca sms. Setelah semua fuzz itu, saatnya untuk kembali bekerja. Nah, saya tidak berpikir begitu!

Tubuh Anda adalah di kantor tetapi pikiran Anda berlibur. Lebih buruk lagi, Anda menyadari bahwa Anda memiliki setidaknya lima proyek yang belum selesai. Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Berikut adalah cara untuk tetap fokus dan berkonsentrasi lebih baik di tempat kerja!

1. Mengalahkan sosial media

Setiap update status adalah kesempatan untuk sedikit chit chat dengan teman-teman, setiap notifikasi adalah godaan dan setiap foto yang ditempel di dinding Anda layaknya sebuah perjalanan ke dalam air biru pantai yang eksotis yang jauh dari tempat Anda berada di saat ini.
cara meningkatkan konsentrasi saat bekerja
konsentrasi saat bekerja
Ketika Anda "kembali" untuk bekerja, adalah wajar bahwa tingkat konsentrasi rendah dan kinerja kerja berkurang. Apa yang dapat Anda lakukan? Sayangnya (untuk beberapa), satu-satunya solusi adalah tidak login ke Facebook dan media jaringan sosial lainnya segera setelah Anda duduk di komputer Anda. Jika Anda perlu untuk mengambil "sekilas" dari apa yang terjadi, melakukannya selama istirahat dan tidak 'lupa' untuk menutup segera. Dengan demikian, aliran posting dan terus-menerus notifikasi di twitter tidak akan mengalihkan perhatian Anda sementara Anda bekerja.

2. E-mail dari neraka


Mereka muncul tanpa pemberitahuan di kotak masuk Anda dan hampir berteriak. Bahkan e-mail yang berhubungan dengan pekerjaan mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan yang Anda lakukan pada saat ini "wajib dijawab sekarang". Apalagi e-mail teman-teman Anda, yang menganalisis apa yang mereka lakukan tadi malam atau berbagi lelucon baru yang bepergian di seluruh web.

Kami sebutkan sebelumnya, jika Anda ingin tetap produktif, daripada terus-menerus memeriksa email, mengatur waktu tertentu di siang hari untuk membaca dan merespon adalah tindakan yang tepat. Sisa hari, menjaga agar windows email klien Anda diminimize dan menonaktifkan pemberitahuan desktop. Jika ada sesuatu yang benar-benar mendesak saya yakin mereka akan menelepon.

3. Mute ponsel Anda

cara meningkatkan konsentrasi
Mute Ponsel Anda
Mungkin suara yang paling mengganggu selain pemberitahuan e-mail adalah ringtone Anda. Hampir tidak mungkin Anda akan mengabaikan sms atau panggilan, terutama ketika kita tahu bahwa sembilan dari sepuluh panggilan adalah dari teman Anda. Untuk menghindari hal itu, men set ponsel anda dalam status diam / silent dan meninggalkannya di tas atau di laci Anda adalah tindakan yang bijaksana. Anda dapat melihat panggilan tak terjawab dan sms selama istirahat, dan jika perlu Anda memanggil mereka kembali.

4. Tidak ada kebosanan yang berlebih

Beberapa tugas yang harus kita lakukan setiap hari adalah lebih menarik daripada yang lain. Tugas membosankan adalah salah satu musuh terbesar konsentrasi: berbicara di telepon, browsing web atau bahkan membersihkan kantor tampaknya jauh lebih menarik daripada pekerjaan Anda yang membosankan. Kami menyarankan agar Anda membuat perjanjian dengan diri sendiri: untuk setiap tugas yang membosankan selesai, Anda mendapatkan istirahat sepuluh menit, kopi atau panggilan telepon ke teman.

5. Kelola stres kerja

Ini hampir mustahil untuk berkonsentrasi pada tugas tertentu ketika Anda terus-menerus memikirkan daftar tugas yang tak ada habisnya. Solusinya? Temukan cara untuk bersantai: mencoba meditasi, yoga, berbicara dengan atasan Anda tentang stres atau belajar untuk mengatakan "tidak" dan tidak memikul tanggung jawab yang Anda tidak bisa menanggapi (atau yang menyebabkan Anda stres terlalu banyak). Pergi keluar untuk berjalan-jalan, lari pagi, mengambil napas dalam atau jika semuanya gagal-mengambil hari libur. (Lihat : cara ampuh mengatasi stress)

6. Anda lelah

Anda mungkin sudah tahu bahwa (atau membacanya di artikel kami yang lain) kelelahan dan / atau kurang tidur mengurangi efisiensi dan mempengaruhi perhatian dan memori jangka pendek. Jadi, cobalah untuk tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam setiap hari. Juga memperhatikan waktu di hari Anda dimana memiliki lebih banyak energi dan menggunakan energi itu untuk melakukan tugas yang paling penting.
Cara meningkatkan konsentrasi saat kerja
Jangan sampai lapar

7. Anda lapar


Kurang jelas dari kelelahan, kelaparan juga merupakan salah satu musuh terbesar dari konsentrasi Anda. Jika Anda tidak biasanya istirahat untuk makan siang di kantor, sangat mungkin bahwa Anda tidak merasa lapar karena tubuh Anda tidak terbiasa makan siang. Ini adalah alasan mengapa Anda tidak bisa berkonsentrasi, karena Anda tidak memiliki energi.

Apa yang harus dilakukan? Pertama, jangan pernah melewatkan sarapan. Selain itu, hindari karbohidrat seperti permen dan pasta, dan memilih biji-bijian untuk makan siang Anda. Juga, cari tahu mana makanan dapat meningkatkan memori dan konsentrasi.

8. Memakai headphone Anda

Sebuah resep yang telah terbukti untuk menjaga konsentrasi Anda (dan integritas mental Anda saat berada di kantor) adalah memakai headphone. Ini adalah cara ideal untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda bekerja pada sesuatu yang penting dan tidak punya waktu untuk ngobrol.

Tinggalkan komentar kalau ada tips lain untuk meningkatkan konsentrasi anda saat bekerja.

8 Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Kerja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yan Mahdi

7 komentar:

  1. tanks tpsnya gan semoga bermanfaat bagi sema pengnjng!!

    BalasHapus
  2. terimakansi gan ..... atas solusinya.
    apa ada solusi kolok menghilangkan rasa malas saat belajar atau baca buku????.....

    BalasHapus
  3. supaya tambah konsentrasi, coba makan saripati ayam bisa ningkatin stamina dan konsentrasi selama kerja cek disini infonya yah http://goo.gl/P3n9QM

    BalasHapus
  4. gimana gan konsentrasi jaga warnet,
    aku selalu berbuat ceroboh selama jaga warnet gan

    BalasHapus
  5. terima kasih atas tips2nya, saya akan coba terapkan

    BalasHapus
  6. agar konsentrasi meningkat, bisa pilih saripati ayam brands tuh, bagus untuk otak

    BalasHapus