Blog Seputar Informasi Kesehatan Terkini

Sabtu, 02 Februari 2013

10 Cara Efektif Memutihkan Kulit Wajah dan Perawatannya

10 cara memutihkan kulit wajah dan perawatan wajah - Kulit putih lebih disukai di mana-mana, terutama di asia bagian timur dan tenggara (apalagi di indonesia), di mana panas matahari menyebabkan sebagian besar kulit menjadi kecoklatan. Mungkin, alasan mengapa wanita di indonesia lebih memilih kulit putih karena terlihat bersih dan terlihat lebih elegan. Walaupun di negara barat (tempat orang kulit putih) malah banyak yang mengidamkan kulit kecoklatan.

Populer di kalangan orang Asia, produk pencerah dan pemutih kulit telah menjadi industri yang meraup keuntungan jutaan rupiah, dengan merek besar seperti Olay dan L'oreal bersaing dengan krim - krim malam buatan produksi lokal. Ratusan produk pemutih pasar Asia banjir, di mana pengaturan sangat lemah atau bahkan tidak ada.

Banyak produk pemutih kulit dapat menghasilkan hasil yang cepat, namun konsumen sering berakhir sampai membayar harga yang jauh lebih tinggi nantinya. Produk pemutih kulit semacam ini dapat menyebabkan kerusakan permanen kulit, atau lebih buruk, kerusakan organ dan kanker kulit, karena kebanyakan dari mereka menggunakan bahan kimia berbahaya seperti hidrokuinon dan merkuri sebagai bahan aktif dalam krim pemutih kulit. Jadi bijaksanalah dalam pemilihin produk pemutih kulit. Lebih baik kulit wajah dapat putih dengan perlahan daripada dalam hitungan jam.

Begitu banyak artikel menunjukkan cara untuk memutihkan kulit wajah. Artikel ini akan menunjukkan Anda tidak hanya bagaimana untuk memutihkan kulit, tapi bagaimana untuk mempertahankannya dengan perawatan wajah yang tepat. Berikut ini 10 cara memutihkan kulit wajah dan bagaimana merawatnya :

1. Tingkatkan asupan vitamin C Anda. 

cara memutihkan wajah 1
Tingkatkan asupan vitamin c anda
Hal ini berguna untuk mencerahkan warna kulit dan melembutkannya. Ini akan membantu menjaga kulit Anda kuat dengan mempertahankan dasar struktur kolagen. Anda dapat meningkatkan asupan vitamin C dengan:
 - Makan lebih banyak makanan yang mengandung vitamin C. Ini termasuk buah jeruk / jus, stroberi, paprika manis, tomat, melon, dan kacang hijau.
 - Minum suplemen yang mengandung vitamin C. Jika Anda memilih untuk melakukannya dengan cara ini, Anda harus meminum 250 mg / hari. Jangan melampaui jumlah ini.

2. Makan lebih banyak vitamin A. 

cara memutihkan wajah2
Susu merupakan sumber vitamin A
Karena kulit Anda pada dasarnya terdiri dari Retinol, yaitu Vitamin A, ini akan membantu menjaga kulit Anda sehat dan kuat. Jika Anda merasa kulit Anda mengkerut atau tidak cukup ketat, ini biasanya menunjukkan kekurangan vitamin A.

Makanan yang mengandung vitamin A termasuk susu tanpa lemak, tiram, dan kuning telur. Anda juga bisa mendapatkan vitamin A dengan mengonsumsi makanan yang tinggi beta karoten, yang akan membantu meminimalkan efek kerusakan akibat sinar matahari pada kulit Anda. Ini termasuk wortel, semangka, pepaya, dan tomat.

3. Minimalkan terkena sinar matahari dan polusi. 

Oleskan tabir surya dengan minimal SPF 15 setiap kali Anda berada di luar ruangan. UVA / UVB diketahui berbahaya bagi kulit Anda karena mereka memperlambat kemampuan tubuh Anda untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mati. Polusi juga merupakan penyebab utama warna kulit kusam dan penyebab jerawat.

4. Gunakan produk pencerah atau pemutih kulit (pilihlah dengan bijaksana). 

cara memutihkan wajah3
Gunakan Produk Pencerah Kulit
Produk pencerah kulit dengan hydroquinone atau asam kojic dapat mengurangi jumlah melanin dalam kulit bila diterapkan. Hal ini dapat efektif, tetapi mereka datang dengan risiko tertentu.
- Produk pemutih kulit telah dikaitkan dengan tingkat racun merkuri. FDA mengatur penggunaan hydroquinone di AS, sehingga relatif aman. 1 dari setiap 4 skin whitening agen dari China, mengandung merkuri, sehingga harus digunakan dengan hati-hati.
-  Hati-hati dengan paparan sinar matahari walaupun saat Anda menggunakan produk pemutih kulit. Paparan sinar matahari berkepanjangan dapat menyebabkan kanker kulit.
- Selalu gunakan tabir surya yang tepat dan perlindungan matahari lain saat terkena sinar matahari. Produk pemutih kulit dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi pada beberapa orang. Produk pemutih dengan steroid, seperti asam kojic, dapat menempatkan Anda pada risiko masalah kesehatan yang berhubungan dengan penggunaan steroid.

5. Minum 8-10 gelas air sehari. 

cara memutihkan wajah4
Minum Air putih 8-10 gelas sehari
Gak perlu di ragukan lagi bahwa air putih merupakan obat yang paling murah dan efektif untuk menyembuhkan penyakit apapun. Untuk masalah kulit, minum air putih akan membantu menjaga kulit Anda dari kekeringan.

6. Olah raga setiap hari selama 30-60 menit. 

cara memutihkan wajah5
Olahraga dapat menambah elastisitas kulit
Melakukan hal ini akan membantu Anda mengurangi stres dan menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan racun tubuh (keringat). Selain itu juga dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kuat dan lebih cerah.

7. Oleskan madu pada kulit wajah anda

Pijat secara perlahan. Setelah 15 menit, bilas sampai bersih. Madu berguna untuk regenerasi kulit dan juga mencerahkan kulit. Selain itu madu juga berguna untuk menghilangkan noda bekas jerawat. (baca :  6 Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami)

8. Gunakan lemon untuk mencerahkan warna kulit Anda. 

cara memutihkan wajah6
Gunakan lemon untuk mencerahkan kulit
Asam sitrat pada lemon perlahan bekerja di pigmen di kulit Anda, tetapi pengobatan ini akan memakan waktu cukup lama. Campur jus lemon segar dan air kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah. Hal yang harus diperhatikan:
- Hindari paparan sinar matahari. Bila menggunakan lemon dan produk pemutih kulit lainnya, selalu gunakan tabir surya dan hindari waktu yang tidak perlu di bawah sinar matahari. Lemon dan jus lemon dapat mengeringkan kulit, sehingga rentan terhadap kerusakan akibat matahari.
- Coba gunakan jus lemon atau jeruk 3 atau 4 kali seminggu. Pencerah kulit dengan jus lemon akan memakan waktu yang lama, jadi anda pasti tergoda untuk mencoba menerapkan masker atau jus lemon setiap hari. Cobalah untuk tetap 3-4 kali setiap minggu. Jus lemon dapat mengeringkan kulit Anda apabila diterapkan setiap hari.

9. Buatlah masker wajah.

cara memutihkan wajah7
Masker untuk memutihkan wajah
Bebeapa opsi yang dapat digunakan untuk memutihkan kulit wajah dan meningkatkan elastisitas kulit wajah :
- Masker mentimun.
- Masker dari jus sayur Bayam

10. Memanfaatkan pengobatan rumah lainnya  

- Membuat masker dari kentang
- Membuat masker dari almond
- Membuat masker dari tomat
 Semoga kulit wajah anda menjadi lebih putih secara alami dan tetap sehat sepanjang hari.

10 Cara Efektif Memutihkan Kulit Wajah dan Perawatannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yan Mahdi

7 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Jadi kesimpulannya jika ingin memutihkan wajah maka kita harus melakukan pola hidup sehat seperti makan buah dan sayur, memperbanyak minum air putih, berolahraga, dll.

    BalasHapus
  3. Selain perawatan regular yang dilakukan setiap juga hari, juga perlu dilakukan perawatan khusus setiap sebulan sekali seperti facial di klinik kecantikan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang mengendap dan sudah terangkat.

    BalasHapus
  4. Baru tahu kalau ternyata jus bayam bisa digunakan sebagai cara memutihkan kulit . Artikel yang bermanfaat. Terimakasih :)

    BalasHapus