Blog Seputar Informasi Kesehatan Terkini

Rabu, 14 Agustus 2013

10 Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur Malam

10 Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur Malam - Anda tahu bahwa Anda harus menutup mata Anda setiap malam, tetapi jika Anda seperti kebanyakan dari kita yaitu susah tidur di malam hari yang akan berdampak buruk pada aktifitas di pagi hari. Bahkan, 60% orang Amerika mengalami masalah tidur setiap malam. Pil tidur bukanlah cara aman untuk memudahkan anda tidur. Ternyata, ada beberapa cara cepat dan alami agar anda dapat tidur nyenyak di malam hari. 10 tips untuk mengatasi susah tidur :

1. Jadikan tidur sebagai prioritas

Jika Anda ingin tidur malam yang nyenyak, Anda harus menganggap serius hal ini. Perlu alasan? Sebuah studi menemukan bahwa ketika Anda kekurangan tidur, Anda memiliki mood yang jelek sehingga menyebabkan reaksi berlebihan terhadap insiden kecil dan mudah merasa stres. Lebih buruk lagi, akan berdampak pada kesehatan fisik juga. "Kurang tidur dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan depresi" kata Andrew Weil, MD. Baca : 

2. Katakan tidak untuk kopi setelah tengah hari

Anda dapat minum kopi pada pagi hari, tapi setelah tengah hari, JANGAN. Alasannya: kafein memiliki waktu paruh sekitar lima jam-yang berarti jika Anda makan malam disertai kopi lebih awal, maka cappuccino akan keluar dari sistem anda sebelum waktu tidur, kan? Sayangnya, itu tidak benar. Setelah tujuh jam, banyak stimulan akan hilang dari sistem anda, tergantung pada sensitivitas Anda untuk itu-tapi 25% itu masih bisa berada di sana. "Hal ini juga dapat meningkatkan buang air kecil dan akan membuat Anda susah tidur di malam hari," kata Dr Weil. Baca juga : 12 cara mengatasi stress
tips mengatasi susah tidur
susah tidur

3. Keluarkan keringat Anda

Orang - orang sering mengatakan Anda harus menghindari bekerja di malam hari karena akan menyebabkan anda susah tidur setelahnya. Sayangnya, bukti bahwa latihan malam hari menghambat tidur tidak ada. Ada banyak penelitian, bagaimanapun, yang mendukung gagasan bahwa latihan dapat membuat tidur anda semakin nyenyak. Satu studi menemukan bahwa penderita insomnia yang mengambil latihan rutin yang biasa tidur lebih baik dan memiliki lebih banyak energi sepanjang hari.

4. Hindari minuman keras

Untuk sebagian wanita, minuman keras akan menyebabkan tidur mereka menjadi kurang di malam hari. Seperti kopi, alkohol adalah diuretik, kata Dr Weil. Sulit untuk tidur ketika Anda sering ke kamar mandi setiap beberapa jam.

5. Bersantai saat Anda tiba di rumah

Anda harus mulai bersantai di awal malam, sehingga Anda dapat menjauhkan diri dari stress setelah sampai di rumah. Seduh secangkir teh chamomile untuk menenangkan diri Anda di dekat jendela, mandi jika Anda punya waktu, atau hanya duduk diam saja.
cara mengatasi susah tidur
Bersantailah di rumah

6. Berhubungan seksual sebelum tidur

Setelah hubungan seksual, tubuh manusia banjir dengan prolaktin, hormon yang juga alami lebih tinggi saat tidur. Kemungkinan bahwa rilis hormon selama orgasme menyebabkan orang merasa mengantuk. Wanita menghasilkan lebih oksitosin daripada yang pria-yang bisa menjadi resep untuk tidur malam yang baik.

7. Jauhkan Telepon Anda

Jaman sekarang, Handphone akan dapat berada di tangan Anda sepanjang hari. Hal ini harus dihindari pada malam hari jika Anda ingin tidur nyenyak-dan hal yang sama berlaku untuk laptop dan iPad, juga. Kenapa? Panjang gelombang biru yang dihasilkan oleh smartphone dan gadget lainnya secara signifikan menekan produksi melatonin, hormon yang membuat Anda mengantuk, menurut penelitian Universitas Basel. Masalah lain: perangkat Light-emitting terlibat dan merangsang pikiran, sehingga tidur akan lebih jarang, menurut sebuah studi Universitas Osaka.

8. Bermeditasi

Meditasi secara teratur dapat menjadi alat yang ampuh untuk beberapa penderita insomnia. Meditasi mengirimkan sinyal respon yang mengatakan bahwa kita berhak untuk bersantai ke sistem saraf ." kata Dr Weil.

9. Mencium bunga mawar

Hal ini dapat dilakukan sendiri atau dengan minyak aromaterapi. Hanya taburi empat atau lima tetes pada kamar mandi dan cium wanginya, ambil 10 sampai 15 napas dalam-dalam. Jika Anda marah tentang sesuatu, hirup beberapa minyak esensial organik dengan lavender berkonsentrasi tinggi, kata Harapan Gillerman. "Penelitian menunjukkan bahwa bau adalah salah satu obat penenang alami terbaik."

10. Cobalah beberapa pose yoga yang mudah

Beberapa pose yoga dapat memberikan sinyal ke otak bahwa tidur akan datang. Kami terutama seperti forward bends, corpse pose and happy baby pose.

cara mengatasi insomnia
corpse pose

sumber : prevention.com

Terima kasih telah membaca artikel 10 Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur Malam . Kunjungi terus web-sehat.blogspot.com untuk mendapatkan artikel - artikel kesehatan lainnya.

10 Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur Malam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yan Mahdi

1 komentar:

  1. insomnia memang sangat menggangu dah berapa hari ini saya mengalaminya.dengan info ini sangat membantu sekali

    BalasHapus