Blog Seputar Informasi Kesehatan Terkini

Rabu, 11 Desember 2013

16 Peran Suami Saat Istri Hamil

16 Peran suami saat istri hamil - Peran suami sangatlah penting saat istri sedang hamil. Kondisi istri saat hamil sangatlah labil seperti mudah emosi dan kadang juga permintaannya yang tidak masuk akal (ngidam). Hal itu adalah wajar, sebagai seorang suami yang baik, Anda harus terus men support istri anda. Berikut ini adalah 16 hal yang dapat di lakukan suami saat istri sedang hamil:

1. Pergilah dengan pasangan Anda untuk periksa kondisi kehamilan ke dokter

Jantung bayi mulai berdetak 22 hari setelah pembuahan, atau minggu kelima kehamilan, dan Anda dapat mendengarnya dengan USG di antara minggu ke 7 dan minggu ke 12. Selama trimester kedua, pergilah dengan pasangan Anda jika dia membutuhkan USG. Anda dapat melihat kepala bayi, lengan, tangan, paha, dan kaki. Anda bahkan dapat mengetahui jenis kelamin bayi.

2. Mencari referensi tentang kehamilan

Menonton rekaman video, mendengarkan kaset audio, memeriksa internet, atau membaca buku-buku tentang perkembangan janin, melahirkan, dan cara menjadi orangtua yang baik.

Peran Suami Saat Istri Hamil
Peran Suami Saat Istri Hamil

3. Membantu merencanakan untuk bayi

Bicarakan dengan pasangan Anda tentang apa yang Anda berdua inginkan untuk bayi Anda . Tanyakan teman-teman dan anggota keluarga jika Anda dapat meminjam tempat tidur , meja ganti , atau pakaian bayi . Banyak orang senang untuk membiarkan Anda menggunakan barang-barang mereka . Dengan menyimpan sedikit uang setiap minggu, akan membuat Anda lebih mudah setelah bayi lahir.

4. Ikut kursus

Pergi ke kelas yang akan mengajarkan Anda dan pasangan Anda tentang persalinan.

5. Membantu pasangan Anda tetap sehat selama kehamilan

Bantu dia makan banyak makanan yang berbeda. Perhatikan apa yang Anda makan juga. Jika Anda makan dengan benar, Anda akan membuat lebih mudah baginya. Membantu pasangan Anda agar jauh dari alkohol dan rokok. Alkohol dapat menyebabkan cacat lahir. Dorong dia untuk minum jus atau susu.

6. Membantu pasangan Anda agar jauh dari narkoba

Jika Anda menggunakan obat-obatan terlarang, berhenti sekarang, dan jika pasangan Anda menggunakan narkoba, segeralah cari bantuan untuknya. Selain itu dorong dia untuk konsultasi dengan dokter sebelum membeli obat pasaran atau obat resep.

7. Pastikan pasangan Anda tinggal jauh dari produk rumah tangga yang berbahaya

Pembersih yang kuat, produk cat, insektisida dan semua yang dapat membahayakan bayi Anda. Jangan biarkan dia membersihkan kotoran kucing.

8. Latihan selama kehamilan

Berjalan atau berenang bersama-sama. Keduanya adalah latihan yang aman dan menyediakan waktu bersama-sama.

9. Pastikan pasangan Anda mendapatkan cukup istirahat

Bantu dengan pekerjaan rumah tangga. Dorong dia untuk melakukan latihan relaksasi. Stres bisa sangat berbahaya bagi ibu dan bayi. (baca: Penyebab stress) Sebagai suami, anda harus bersabar jika ada perdebatan dengan Istri saat hamil. Jika Anda menemukan diri Anda menjadi marah dan mengalami kesulitan mengendalikan perasaan negatif, carilah psikolog. Jangan pernah menggunakan kekerasan fisik, intimidasi, meremehkan komentar, atau perilaku kasar lainnya. Ini bukan produktif bagi hubungan apapun dan sangat berbahaya selama kehamilan.

10.Pahami perubahan yang akan Anda lalui selama proses kehamilan

Memahami perubahan yang berbeda baik Anda dan pasangan Anda yang akan terjadi saat Anda mempersiapkan diri untuk menjadi orang tua. Kehamilan menyebabkan banyak perubahan dalam diri seorang wanita, bagaimana perasaannya dan tentang bagaimana tubuhnya berubah. Anda masih bisa berhubungan seks. Berbicara satu sama lain tentang apa yang terasa baik.

11. Dukung pasangan Anda tentang pilihan bagaimana memberi makan bayi

ASI yang terbaik untuk bayi. Jika ibu memilih botol susu, Anda dapat mengambil alih memberi makan bayi dan membiarkan ibu istirahat. Bahkan jika menyusui , ibu bisa memompa ASI ke dalam botol , yang akan memungkinkan partisipasi Anda dalam memberi makan bayi.

12. Luangkan waktu untuk berinteraksi dengan bayi Anda

Mendengarkan detak jantung anak Anda, merasakan tendangan. Setiap kali ibu merasakan tendangan bayi yang belum lahir, Anda dapat merespons dengan mengetuk perutnya di daerah yang sama . Bayi yang belum lahir cepat belajar. Berbicara dan bernyanyi untuk bayi Anda . Salurkan pikiran positif dan perasaan cinta langsung kepada anak yang belum lahir . Visualisasikan diri Anda memegang, menyentuh, goyang , atau berbicara dengan anak Anda. Pikirkan tentang jenis ayah yang Anda inginkan untuk anak Anda.

13. Ikuti kursus pijat bayi

Cari kelas pijat bayi dan menghadiri dengan pasangan Anda . Pijat bayi adalah cara yang indah untuk menenangkan bayi.

14. Pelajari cara memandikan, memberi makan, popok, gendong, dan kenyamanan bayi

Semua kegiatan ini akan membangun rasa percaya diri seorang ayah dan meningkatkan ikatan dengan anak.

15. Konsultasi dengan orang yang berpengalaman menjadi seorang Ayah

Konsultasi dengan orang lain yang telah memiliki atau akan memiliki bayi baru. Berbagi perasaan, ide-ide untuk mendukung ibu hamil, dan tips untuk memastikan Anda merawat diri sendiri.

16. Segera setelah bayi lahir, gendong bayi dan melihat ke mata bayi

Jika Anda berbicara dengan bayi sebelum dia lahir, berbicara kepadanya saat lahir, maka ia mungkin akan mengenali suara Anda.

Semoga Anak anda lahir dengan selamat, sehat, dan jadi anak yang berbakti pada orang tua dan tuhan. Terima kasih telah membaca artikel tentang 16 Peran Suami Saat Istri Hamil. Terus kunjungi blog ini, Anda selalu mendapatkan artikel - artikel kesehatan terbaru dan terkini di web-sehat.blogspot.com.

16 Peran Suami Saat Istri Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yan Mahdi

31 komentar:

  1. penting banget nih,bagi seorang suami biar si istri teerasa berharga..:)

    BalasHapus
  2. informasi yang sangat baik sekali buat mereka yang lagi menanti seorang bayi, dan memang setiap pasangan mendambakan kehidupan yang berbeda dengan kehadirian anak,, nice post

    BalasHapus
  3. suami harus ttp ada disaaat istri butuh,,haruss. :)

    BalasHapus
  4. Selamat siang buat admin. terimakasih untuk postingannya

    BalasHapus
  5. makasih infonya sangat membantu bagi saya

    BalasHapus
  6. lebih banyak tahu dengan membaca..

    BalasHapus
  7. info yg sangat menarik untuk di simak, ditunggu postingan berikutnya gan !

    BalasHapus
  8. terimakasih banyak atas informasi yang di sajikan

    BalasHapus
  9. terimakasih banyak atas informasi yang telah di sajikan

    BalasHapus
  10. sajian informasi yang sangat berkelas dan layak di publikasikan..

    BalasHapus
  11. sajian informasi yang sangat berkelas dan layak di publikasikan.

    BalasHapus
  12. tanks info nya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  13. sajian informasi yang sangat berkelas dan layak di publikasikan.

    BalasHapus
  14. Informasi yang sangat menarik,sukses ya untuk website nya

    BalasHapus
  15. Terimakasih atas informasinya , tetap semangat dan trus menggali pengetahuan yang lebih dalam lagi ,, salam sukses dari para blogger

    BalasHapus
  16. artikel yang menarik , dan menambah wawasan untuk kita semua

    BalasHapus
  17. postingannya keren2 gan.. ditunggu postingan yang barunya.

    BalasHapus
  18. artikel yang menarik dan inspiratif,semoga bermanfaat

    BalasHapus
  19. Semoga apa yang disampaikan dapat memberikan manfaat.

    BalasHapus
  20. Semua yang di usahakan dengan maksimal akan mendapatkan hasil yang maksimal pula. Apa yang anda bagikan ini semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia anda. God job.

    BalasHapus
  21. Artikel yang menarik itu artikel yang dapat memberikan inspirasi dan memberikan manfaat bagi pembacanya. God job, Lanjutkan !

    BalasHapus
  22. The information in this article that you convey very useful and very helpful, may be useful also for all the other readers, amen ya Allah. Semoag success always.

    BalasHapus
  23. I think this is one of the most important information for me. And i’m happy reading your article. However wantto statement on some common things, The site taste is wonderful, the articles is in reality nice.

    BalasHapus
  24. Ilmu itu merupakan suatu hal yang tak lekang oleh waktu, maka dari itu berbagi ilmu merupakan suatu hal yang baik, terimakasih sudah berbagi ilmu dan informasi ini, semoga dapat bermanfaat bagi semua pengunjung, god job. semoga sukses dan salam sehat selalu bagi kita semua.

    BalasHapus
  25. Artikel yang sangat menarik ,artikel yang dapat memberikan inspirasi dan memberikan manfaat bagi pembacanya. Terimakasih buat artikelnya ya ... sangat bermanfaat :-)

    BalasHapus