Blog Seputar Informasi Kesehatan Terkini

Kamis, 26 September 2013

12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami - Ketombe adalah kondisi kulit yang sangat umum dan hampir semua orang mengalaminya pada satu titik dalam hidup mereka tanpa memandang usia atau etnis. Ketombe dapat muncul tidak hanya kulit kepala, tetapi juga telinga, alis, sisi hidung, jenggot, dan bagian dada. Ketombe dapat mempengaruhi setiap daerah yang ditumbuhi rambut atau daerah dengan folikel rambut bahkan sangat kecil. Nama lain untuk ketombe adalah dermatitis seboroik atau seborrhea. Baca juga : Cara mengatasi sakit kepala

Sebelum membaca tentang cara menghilangkan ketombe Anda secara alami di rumah, pastikan Anda benar-benar memiliki ketombe. Jika Anda tahu Anda memiliki ketombe, dan telah mencoba berbagai macam shampo anti ketombe. Berikut adalah 12 cara untuk membantu Anda mengatasi ketombe dengan bahan alami dirumah:

1. Hilangkan Ketombe Dengan Cuka

Membilas rambut dengan cuka (Apple Cider Vinegar atau cuka putih) mungkin terdengar seperti ide yang mengerikan, tetapi bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menghilangkan ketombe karena sebenarnya yang bermasalah adalah kulitnya (bukan rambutnya). Sederhananya , ketombe adalah hasil dari sel-sel kulit mati dan jatuh tempo terlalu cepat dan dapat menyebabkan iritasi. Cuka akan menyingkirkan kulit yang tidak diinginkan yang akan mengelupas menjadi ketombe, dan tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan lebih banyak ketombe setelah dibersihkan. Pertumbuhan berlebih dari jamur juga dapat menyebabkan ketombe, dan cuka bertindak seperti fungisida. Menggunakannya sangat mudah dan sederhana, dan mungkin lebih mudah daripada rambut Anda harus memakai beberapa shampoo di luar sana. Tapi jangan memakai cara ini ketika anda akan meeting atau ada pertemuan karena rambut Anda akan berbau seperti cuka sampai Anda mandi lagi.

Anda akan perlu :
-1 / 2 cangkir air hangat
-1 / 2 cangkir cuka apel
- Cangkir
Cara Menghilangkan Ketombe
Cuka Apel
Cara Membuat :
Campur air hangat dan cuka dalam cangkir. Jumlah total dapat bervariasi untuk menjadi lebih atau kurang tergantung pada berapa banyak rambut yang Anda miliki. Tuang campuran atas rambut Anda, gosok dengan lembut di sekitar selama beberapa menit, dan kemudian bilas secara menyeluruh dengan air (hanya air!) Tunggu sekitar 8-12 jam sebelum mengambil mandi normal. Ulangi sekali setiap minggu atau dua minggu, tergantung pada seberapa sering Anda merasa Anda membutuhkannya.

2. Hilangkan Ketombe Dengan Baking Soda

Baking soda hanya sebuah hal yang sangat berguna untuk dimiliki di rumah. Hal ini memainkan peranan besar dalam banyak pengobatan rumah secara alami, dan biasanya bekerja! Ini membantu untuk mengatasi ketombe untuk sejumlah alasan. Pertama, secara halus menyingkirkan kulit mati yang berlebihan. Ini juga membunuh atau bertindak sebagai fungisida, dan jamur umumnya yang ada pada kulit kepala semua orang dapat menyebabkan ketombe. Selain itu, partikel-partikel kecil yang ada pada baking sode dapat berguna dalam menghilangkan ketombe yang terjebak dalam rambut Anda.
Cara Menghilangkan Ketombe
Baking Soda
Anda akan perlu :
- 1 Sendok makan baking soda
- 1 Cangkir air

Cara Membuat :
Campurkan satu sendok makan baking soda dengan satu cangkir air hangat. Jika Anda menggunakan bekas botol sampo atau botol yang laen, goyang campuran dengan pelan dan lembut. Jika tidak, aduk sebelum Anda menggunakannya. Lakukan ini sebagai pengganti shampo, setiap hari jika mungkin. Rambut Anda mungkin akan merasa cukup kering di awal, tapi minyak alami yang ada pada rambut akan memulihkannya segera, dan rambut Anda akan jauh lebih seimbang daripada ketika menggunakan beberapa shampo komersial.

3. Hilangkan Ketombe Dengan Fenugreek 

Penulis awalnya juga belum tahu ini apa, setelah search beberapa lama akhirnya tahu juga. Fenugreek adalah tanaman yang umumnya digunakan sebagai bumbu, terutama dalam masakan India, namun juga dapat digunakan dalam pengobatan juga. Biji fenugreek memiliki komposisi yang kaya protein dan asam amino, yang dapat mendorong agar rambut menjadi sehat. Sedikit bonus-nya konsentrasi tinggi lesitin (a emolien alami) dapat membantu membuat rambut lebih kuat secara keseluruhan, dan banyak orang menemukan bahwa Fenugreek dapat menghasilkan rambut yang halus dan lembut.
Cara Menghilangkan Ketombe
Funegreek
Anda akan perlu :
- 2 Sendok makan biji Fenugreek
- Semangkuk air
- Sesuatu untuk menggiling biji

Cara Membuat :
Rendam benih dalam 1-2 gelas air semalam. Keesokan paginya, giling menjadi pasta halus dan oleskan untuk kulit kepala Anda. Biarkan selama 30-45 menit, lalu bersihkan dengan sampo ringan atau air.

4. Hilangkan Ketombe Dengan Daun Neem

Apalagi ini, tenang.. Penulis cuma share sgala jenis bahan - bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Daun Neem (juga ramuan India) dapat menjadi obat alami untuk ketombe Anda. Sifat mereka tidak hanya mengurangi rasa gatal, mereka bertindak sebagai antifungal, menghambat pertumbuhan jamur berlebihan yang dapat menyebabkan ketombe. Sadarilah bahwa beberapa orang mengatakan bau yang dihasilkan sangatlah kuat.
Cara Menghilangkan Ketombe
Neem Leaves
Anda akan perlu :
- Setidaknya 2 genggam daun neem
- 4-5 cangkir air hangat

Cara Membuat : 
Tambahkan dua genggam daun neem sampai dengan 4 atau 5 cangkir air panas. Diamkan semalam. Keesokan paginya saring cairan dan menggunakannya untuk membilas rambut Anda. Anda juga dapat mencoba membuat pasta dari daun, menerapkannya pada kulit kepala Anda, dan membiarkannya selama sekitar satu jam sebelum dicuci dengan air.

5. Hilangkan Ketombe Dengan Listerine

Listerine sebenarnya diciptakan pada tahun 1879 oleh seorang dokter di Missouri dan digunakan sebagai antiseptik bedah yang kuat untuk dokter gigi. Ketika dokter menjualnya ke sebuah perusahaan farmasi, penggunaan Listerine meluas dan menjadi obat kumur yang pertama pernah dijual di Amerika Serikat. Pada tahun 1930-an dan 40-an, salah satu tujuan aslinya juga untuk melawan ketombe. Ini mungkin tampak aneh, tetapi menganggap bahwa Listerine untuk menumpas jamur, dan salah satu penyebab paling umum dari ketombe adalah jamur.
Cara Menghilangkan Ketombe
Listerine
Anda akan perlu :
- Air Listerine Mouthwash (sebaiknya tidak hijau atau biru karena mungkin dapat menimbulkan noda di rambut Anda)
-  Semprot-botol (opsional)

Cara Membuat :
Campur air dan Listerine dengan perbandingan 2:1. Setelah Anda menggunakan shampo, semprot atau tuangkan larutan ke kulit kepala Anda, pijat dengan baik, dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air.

6. Hilangkan Ketombe Dengan Cahaya Matahari

Hal ini tidak diketahui persis mengapa, tetapi sudah ada hubungan antara ketombe dan paparan sinar matahari. Ada banyak kasus di mana tingkat keparahan ketombe berkurang ketika penderita menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari. Ada kemungkinan bahwa cuaca kering di musim dingin dapat menyebabkan ketombe karena kurangnya sinar matahari. Mungkin cahaya membantu mengeringkan beberapa kelebihan minyak, atau mungkin mendapatkan sedikit waktu di luar di bawah sinar matahari dapat membuat manusia sehat secara keseluruhan. Apapun alasan yang sebenarnya adalah, sesuatu ada untuk dicoba, dan itu mungkin salah satu pengobatan rumah yang paling sederhana yang dapat Anda coba.

Cara Mengaplikasikan : 
Menghabiskan setidaknya 10-15 menit di bawah sinar matahari setiap hari. Pastikan untuk membatasi waktu Anda mendapat terlalu banyak sinar matahari dan itu mengandung sinar UV yang dapat merusak kulit, rambut, dan kesehatan.

7. Hilangkan Ketombe Dengan Aspirin

Aspirin dapat membantu lebih dari sekedar sakit kepala. Dan juga merupakan obat ketombe yang mudah didapat. Aspirin murni menggunakan sebagian besar Salicylic Acid, yang merupakan bahan aktif dalam banyak komersial shampoo anti-ketombe. Asam salisilat memiliki sifat fungisida dan anti-mikroba untuk melawan serpih tambahan yang disebabkan oleh jamur, sedangkan Aspirin membantu dengan kulit yang meradang yang sering terjadi pada penderita ketombe dengan kasus yang parah.

Cara Menghilangkan Ketombe
Aspirin
Anda akan perlu :
- 2 Tablet Aspirin putih
- Shampoo

Cara Membuat:
Menghancurkan Aspirin sampai menjadi serbuk halus. Menambahkannya ke shampo biasa sebelum digunakan, pastikan untuk mendiamkan di rambut Anda selama sekitar 2 menit sebelum dibilas sepenuhnya.

8. Hilangkan Ketombe Dengan Makan Makanan Sehat

Makan sehat membantu setiap aspek kesehatan Anda.  Tidak mengherankan bahwa hal itu akan memiliki dampak pada kondisi kulit, termasuk ketombe. Tentu saja, makanan yang sangat berlemak dan / atau tidak sehat harus dihindari, tapi itu adalah pengetahuan umum masalahnya  apakah Anda ikuti atau tidak. Apa yang Anda mungkin tidak tahu apa yang harus Anda makan untuk membantu kulit kepala Anda dan mengapa, jadi Anda harus memeriksa daftar beberapa makanan di bawah ini  yang dapat membantu Anda menyingkirkan ketombe dan menjaga mereka tidak datang kembali. Selain dapat menghilangkan ketombe, makan makanan sehat juga dapat membantu mencerahkan wajah. Baca : Cara Mencerahkan Kulit

Cara Menghilangkan Ketombe
Makanan Sehat
Sayuran:
Sayuran berdaun hijau dalam dampak khususnya bagaimana kulit kita akan berperilaku. Hal ini mendorong kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Minyak Ikan:
Minyak ikan dapat membuat perbedaan dalam keseluruhan make-up dari kulit Anda. Mengambil suplemen minyak ikan tidak akan menyembuhkan ketombe Anda, tetapi dapat membantu mengurangi keparahan dan / atau mencegahnya.

Protein:
Untuk meminimalkan ketombe, cobalah makan lebih banyak protein. Mereka membantu membangun rambut dan kulit agar sehat. Makanlah ikan dan daging non-protein, seperti telur dan kacang-kacangan.

9. Hilangkan Ketombe Dengan Lemons

Keasaman dalam perasan lemon mengandung asam yang dapat membantu memecah jamur yang sering menjadi penyebab ketombe. Ini juga bebas dari bahan kimia dan bahan-bahan alami lainnya yang sering berbahaya untuk rambut dan kulit kepala kita-plus lemon membuat rambut Anda lebih bersih dan segar.
Cara Menghilangkan Ketombe
Lemons
Anda akan perlu :
-2 Sendok dan 1 sendok teh jus lemon segar
-1 Cangkir air

Cara Membuat:
Pijat 2 sendok makan jus lemon ke kulit kepala Anda dan biarkan selama satu menit. Campur 1 sendok teh jus lemon ke 1 cangkir air dan bilas rambut Anda dengan itu. Ulangi setiap hari sampai tidak lagi diperlukan.

10. Hilangkan Ketombe Dengan  Tea Tree Oil

Tea Tree Oil adalah minyak esensial yang dihasilkan dari destilasi tanaman khas Australia Melaleuca alternifolia (khas di Australia). Minyak yang diekstrak dari daun ini memiliki sifat fungisida dan itu secara keseluruhan menenangkan kulit terutama bila sakit atau gatal. (Tidak Boleh Diminum)
Cara Menghilangkan Ketombe
Tea Tree Oil
Anda akan perlu:
-1 Sendok makan tea tree oil
-1 Cangkir air hangat
-Sebuah botol semprot

Cara Membuat:
Tuangkan 1 sendok makan tea tree oil ke 1 cangkir air hangat dalam botol semprot. Kocok dengan baik. Setelah keramas, semprotkan campuran seluruh kulit kepala, pijat, dan biarkan selama beberapa menit.

11. Hilangkan Ketombe Dengan Aloe Vera

Aloe Vera gel ini identik dengan "ahhhhh ... lega" di benak banyak orang. Meskipun dapat digunakan lebih sering untuk membantu luka bakar ringan, juga dapat membantu mengatasi ketombe. Ia bekerja karena konstituennya menghambat proses proliferasi sel kulit. Dengan kata lain, dapat mengatur seberapa cepat sel-sel Anda tumbuh, dan karena ketombe sering disebabkan oleh sel-sel tumbuh dan mati terlalu cepat, aloe vera dapat membantu mengembalikan mereka ke keadaan normal.
Cara Menghilangkan Ketombe
Lidah Buaya
Anda akan perlu:
-1 Botol gel Aloe Vera

Cara Membuat :
Terapkan gel Aloe Vera untuk kulit kepala 15 menit sebelum mencuci rambut Anda. Setelah 15 menit, sampo dan cuci seperti biasa.

12. Hilangkan Ketombe Dengan Garam

Garam adalah adalah bahan yang selalu ada di sekitar kita, sesuatu yang kita gunakan setiap hari. Tapi tahukah Anda bahwa garam juga dapat membantu menyingkirkan dan mengatasi ketombe? Sedikit kristal abrasif akan bekerja sebagai exfoliator alami. Hal ini efektif karena dapat membersihkan kulit kepala. Jika Anda mau, gunakan dengan shampo agar dapat meresap dan bekerja untuk potensi sepenuhnya. Sementara menggosok garam pada kulit kepala Anda mungkin tidak terdengar seperti perawatan spa, itu benar-benar bisa merasa cukup menyenangkan, terutama jika kulit Anda gatal. 

Cara Menghilangkan Ketombe
Garam
Anda akan perlu: 
- Sendok 
- Garam 

Cara Membuat:
Pijat lembut 3 sendok makan garam ke kulit kepala yang sedikit basah selama 2-3 menit. Shampo segera setelah itu. 

Terima kasih telah membaca artikel  12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami. Semoga ketombe ada segera hilang dan tidak akan datang untuk kedua kalinya. Untuk mendapatkan artikel -artikel kesehatan lainnya tetap kunjungi Web-Sehat.blogspot.com

12 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yan Mahdi

31 komentar:

  1. secara tidak sdar nih ketombe ada di kpala..isshh..
    makasih buat info nya

    BalasHapus
  2. Saya sangat setuju dengan ulasan diatas. Saya ada tips tambahan untuk mengatasi ketombe. Cara ini memang cara tradisional tapi cukup efektif dan tidak begitu menimbulkan efek samping yang signifikan. Caranya yaitu Ambil tiga biji jeruk nipis, lalu potong menjadi beberapa bagian sambil ditekan-tekan diatas kepala. Kemudian balut rambut dengan handuk kecil dan biarkan 20-30 menit. Setelah itu, keramas seperti biasa. Lakukan rutin selama 1 minggu.
    Selamat Mencoba......... :)

    "Miliki Wajah Cantik Dan Bening Sepanjang Hari"
    www.grosirkecantikanwajah.com

    BalasHapus
  3. Ketombe bisa diakibatkan juga oleh keringat jangan lupa dibersihkan. kalo kepala udah dihinggapi ketombe siap2 aja ngerasain gatal yang amat sangat. Terimakasih mimin udah mau share cara mengatasi ketombe yang tentu sangat bermanfaat ini. :)

    BalasHapus
  4. itu pakai Listerine apa ga bahaya gan?

    BalasHapus
  5. itu pakek garam gak bhaya apa untuk rambut

    BalasHapus
  6. Saya juga bingung, apa garam tidak membahayakan kesehatan rambut?

    BalasHapus
  7. terimakasih banyak infonya sangat bermanfaat, ketombe memang sangat mengganggu dan harus diatasi, cara di atas sangat patut untuk dicoba....nice info

    BalasHapus
  8. Postingan yg sangat bermanfaat

    BalasHapus
  9. Cuka putih sm cuka yg biasa buat tmbhan makanan itu sama atau tidak ya??

    BalasHapus
  10. infromasi yang sangat menarik sekali mengenai cara menghilangkan ketombe sangat patut untuk dicoba di rumah.

    BalasHapus
  11. infonya bakal segera saya coba nih
    siapa tau bakal langsung hilang ketombe di kepala saya

    BalasHapus
  12. thanks a lot the information. I like this.

    BalasHapus
  13. Wah, lengkap banget caranya. Saya mau coba dulu tipsnya

    BalasHapus
  14. tipsnya sangat membantu sekali dan alami, terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus
  15. Mudah juga ya cara menghilangkan ketombe. harus di terapkan ni caranya, terima kasih untuk informasinya.

    BalasHapus
  16. dear admin...trimakasih buat infonya...saya dh coba dgn baking soda+air hangat n hasilnya amazing..80%ketombe hilang n ga gatal lagi...hari ini mau coba lagi smp ketombe hilang dari kepala saya...buat anda yg berketombe tak ada salahnya mencoba...thanks

    BalasHapus
  17. ternyata caranya cukup lama dan lengkap.... Trimakasih admin, ini sangat membantu

    BalasHapus
  18. terimakasih bisa buat referensi

    baca juga donk http://www.duniasehat.web.id/2014/10/tips-mengobati-ketombe-dengan-buah-lemon.html

    BalasHapus
  19. wawwwww
    mantap bangat isinya gan...
    banyak,detail,bermanfaat, salut ma agan....like 10 jempol

    berkeunjung ya gan http://www.nasutionsehat.com/

    BalasHapus
  20. mantap sekali, saya coba langsung, biar rambut saya bersih tanpa ketombe

    BalasHapus
  21. panduannya sangat lengkap dan cara penyajiannya sangat enak dimengerti, jadi mudah dipraktekkan

    BalasHapus
  22. boleh nih di coba semoga ketombe nya langsung ilang dan bisa lebih tampil pede lagi, hehe

    BalasHapus
  23. bermanfaat sekali gan, jangan lupa kunjungi blog saya http://refsablogs.blogspot.com . Banyak ilmu" bermanfaat seputar kesehatan dan kecantikan

    BalasHapus
  24. mending pake cara dengan bahan yang alami, lebih aman dan terjangkau, ookelah gan tipsnya makasih ya :)

    BalasHapus